Saturday, 25 June 2011

Cara Meningkatkan Memori Otak


Sebagian besar di antara kita pernah mengalami keadaan sulit mengingat atau menghafal. Namun tak jarang situasi ini dianggap sebagai hal yang lazim atau normal. Padahal, apabila terus dibiarkan kondisi dapat berakibat buruk. Otak kita, dengan semua kompleksitas dan kepekaan, membutuhkan makanan untuk memelihara fungsi normal. Dengan berjalannya waktu, racun akan terakumulasi dalam tubuh kita. Racun tersebut bisa berasal dari polusi, rokok dan konsumsi alkohol yang dapat menghambat proses sirkulasi darah.
 
Hal ini menyebabkan ketersediaan vitamin dan nutrisi penting untuk otak perlahan semakin menipis. Kondisi ini memengaruhi kemampuan fungsi normal otak. Ketika otak gagal berfungsi dengan benar, Anda mungkin akan menghadapi beberapa masalah kesehatan serius termasuk kehilangan memori. Beberapa jenis vitamin memang penting untuk merangsang otak agar lebih efektif dan pada gilirannya dapat mempengaruhi kesadaran memori, konsentrasi dan mental hingga batas tertentu.

Berikut ini adalah vitamin dan sumber makanan yang dapat meningkatkan memori atau ingatan anda :   
1. Vitamin B
Penelitian menunjukkan, vitamin B meningkatkan memori dengan menciptakan perisai pelindung bagi neuron di otak. Vitamin B penting untuk memori termasuk B6, B12, dan asam folat (B9).  Penelitian telah membuktikan efektivitas dari Vitamin B6 sebagai retensi memori serta kontribusi terhadap promosi kesehatan otak. Asam folat (vitamin B9) dapat mengurangi level homosistein dalam darah. Tingginya Homocystein  dapat merusak dan membahayakan sel-sel otak, sehingga menyebabkan hilangnya memori. Vitamin B12 membantu untuk menghasilkan sel darah merah yang membawa oksigen ke otak. Hal ini juga membantu dalam perbaikan serabut saraf di otak.

2. Vitamin D
Orang tua lebih berisiko menderita kekurangan vitamin D dan ini dapat berpengaruh terhadap fungsi kognitif dan kesehatan mental. Hypovitaminosis D, yang disebabkan kekurangan vitamin D, banyak ditemukan pada mereka yang berusia cukup lanjut. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Geriatric Psychiatry melibatkan 80 relawan dan 40 di antaranya mengalami Alzheimer. Penelitian ini dimaksudkan untuk mempelajari hubungan antara vitamin D, dengan suasana hati, kinerja fisik dan fungsi kognitif. Hasil studi menunjukkan, akibat defisiensi vitamin D, terbukti ada hubungannya dengan gangguan pada kinerja kognitif.

3. Kolin dan Tiamin
Kolin merupakan nutrisi penting yang termasuk dalam kategori vitamin. Tubuh manusia mensintesis beberapa kolin. Sangat penting untuk pembentukan neurotransmitter yang disebut asetilkolin. Reaksi kolin dalam otak ternyata dapat mencegah hilangnya memori dan meningkatkan fungsi otak. Sedangkan tiamin merupakan suatu jenis vitamin B, yang juga penting dalam memproduksi asetilkolin.

4. Antioksidan
Antioksidan dan memori saling berhubungan karena radikal bebas dapat mengganggu fungsi neuron otak. Seperti halnya vitamin B, antioksidan ini juga memberikan perlindungan kepada struktur otak dari ancaman kerusakan, disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat menyebabkan kehilangan memori dari waktu ke waktu.

ANTIOKSIDAN ALAMI
Antioksidan sudah terbukti sangat baik dikonsumsi untuk meminimalisir bahkan melawan efek radikal bebas yang kini hampir setiap saat mengelilingi kita. Untuk itu, kiranya wajib bagi kita melindungi diri dari dalam dengan zat ini. Karenanya, konsumsilah produk perlebahan yang terbukti secara medis memiliki antioksidan alami berkualitas dan kuantitas tinggi.

Adapun produk-produk perlebahan yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi adalah madu, propolis, pollen dan royal jelly. Semuanya terangkum dalam HDI Four Stars yang terdiri dari HDI Clover Honey, HDI Bee Propolis, HDI Pollenergy 520 dan HDI Royal Jelly.
Kandungan antioksidan di dalam madu HDI Clover Honey berasal dari berbagai nutrisi yang terkandung seperti vitamin C, asam organik, enzim, fenol dan flavonoid. Menggunakan madu sebagai pengganti pemanis dapat mengoptimalkan fungsi antioksidan dalam tubuh. Sebagai sumber antioksidan alami, madu dapat mengurangi efek kecoklatan pada buah dan sayur.

HDI Bee Propolis juga diketahui memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Semakin tinggi kandungan polifenol, maka semakin tinggi daya antioksidan nya. Polifenol adalah senyawa dari kelompok fitokimia penting pada tumbuhan dan mengandung antioksidan. HDI Bee Propolis menunjukkan aktivitas antioksidan yang luar biasa besar yaitu 9,674 unit ORAC. Hal ini menunjukkan bahwa 1 gram propolis memiliki kemampuan aktivitas antioksidan 400 kali lebih tinggi dibandingkan dengan 1 gram jeruk.

Pada setiap uji klinis di seluruh dunia, bee pollen dinyatakan sebagai “makanan yang lengkap”, disebut sebagai makanan tambahan paling ideal, terutama pada pola makan yang tidak seimbang atau rendah nutrisi. Bee pollen dalam HDI Pollenergy 520 mengandung semua elemen penting yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh. Bee pollen dapat meningkatkan zat antibodi, memperbaiki sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan jumlah hemoglobin.

Fungsi dari HDI Pollenergy 520 antara lain membantu mencegah pembuluh darah tertutup oleh kolesterol, menurunkan kolesterol dan trigliserida sehingga dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung.dan meningkatkan SOD (superoxide dismutase) dalam jaringan organ (jantung, hati), sehingga membantu mencegah super-oksigenasi dan melawan radikal bebas. Fungsi terakhir ini sama saja dengan meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

HDI Royal Jelly mengandung royal jelly yang sangat bermanfaat menjaga tubuh tetap awet muda. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, royal jelly terbukti meningkatkan rentang hidup sebesar 50%, akibat terjadinya penurunan kerusakan DNA. Kandungan hormon dalam royal jelly terbukti dapat menunjang pertumbuhan sel. Protein yang terkandung dalam royal jelly memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi. Kandungan asetilkolin dalam royal jelly dapat membantu meningkatkan daya ingat . Selain itu royal jelly juga dapat membantu melindungi sistem syaraf , sangat bermanfaat bagi mereka yang lanjut usia, bagi penderita stroke, Alzheimer, Parkinson, atau pun vertigo.

Jika ingin sehat luar dalam, konsumsilah HDI Four Stars!(www.hdindonesia.com/info-medis)

No comments: