Atasi Epilepsi Tanpa Gengsi

Definisi
Epilepsi adalah kondisi tubuh yang bermula dari gangguan fungsi otak secara intermiten yang menyebabkan bangkitan kejang-kejang (seizure) berulang kali. Ini adalah pertanda kalau fungsi otak seseorang terkadang terganggu.


Kebanyakan orang pernah merasakan kejang2 dalam hidup mereka, tapi itu tidak selalu berarti mereka punya epilepsi. Orang yang memiliki epilepsi akan merasakan lebih dari sekali kejang2 yang diawali dari otak.

Bagaimana terjadinya?
Otak adalah struktur yang kompleks, terbuat dari jutaan sel saraf (neurones). Otak mengkontrol banyak tugas, seperti kesadaran, gerakan, dan postur. Otak mengirim dan menerima pesan-pesan sehingga kegiatan2 ini terjadi.

Jika ada kesalahan dalam pengiriman atau penerimaan pesan yang disebabkan oleh lepas muatan listrik abnormal atau berlebihan sel saraf, beberapa atau bahkan seluruh fungsi otak akan berhenti untuk sementara. Jika itu terjadi, orang akan merasakan bangkitan epilepsi (seizure).

Jadi secara klinis, suatu bangkitan dinyatakan epilepsi jika disebabkan oleh hiperaktifitas listrik di saraf otak, bukan karena penyakit otak akut.

Penyebab
Umumnya epilepsi mungkin disebabkan oleh kerusakan otak dalam process kelahiran, luka kepala, strok, tumer otak, alkohol. Kadang epilepsi mungkin juga karena genetik, tapi epilepsi bukan penyakit keturunan. Tapi penyebab pastinya tetap belum diketahui.


Persentase
Epilepsi adalah kondisi otak yang paling umum di dunia. Semua orang beresiko mendapat epilepsi. Bahkan, setiap orang beresiko satu di dalam 50 untuk mendapat epilepsi. Pengguna narkotik dan peminum alkohol punya resiko lebih tinggi. Pengguna narkotik mungkin mendapat seizure pertama karena menggunakan narkotik, tapi selanjutnya mungkin akan terus mendapat seizure walaupun sudah lepas dari narkotik.

Di Inggris, satu orang diantara 131 orang menyindap epilepsi. Jadi setidaknya 456000 penyindap epilepsi di Inggris.

Mitos
Dari jaman dulu, orang sering punya konsep yang salah tentang epilepsi. Kadang epilepsi dikira kemasukan roh, atau karena masturbasi.
Padahal epilepsi adalah gangguan kesehatan yang cukup umum.

Konsep yang benar tentang epilepsi:
  • Epilepsi itu sangat umum dan bisa didapat siapa saja
  • Epilepsi bisa dikontrol dengan obat-obatan yang enggunaannya harus jangka panjang.
  • Orang dengan epilepsi bisa hidup dengan normal (Note: di Inggris sekarang ada anjing yang dilatih khusus untuk mendeteksi kalau tuannya akan mendapat serangan. Karena tuannya sekarang bisa mempersiapkan diri sebelum seizure, dia bisa hidup dengan tenang dan hanya bersiap2 kalau sudah diberi kode oleh si anjing)
  • Seringkali epilepsi bisa lebih ringan dan tak perlu lagi tergantung dengan obat-obatan
  • Umumnya serangan epilepsi tidak berbahaya bagi orang yang mengalaminya. Jika anda sedang berada di sana, jangan panik dan bantulah orang itu. (http://www.epilepsiindonesia.com/)
Solusi Produk Perlebahan
Meski penyebab utamanya belum diketahui, yang jelas epilepsi terjadi karena gangguan sel syaraf. Herbal produk perlebahan yang disarankan adalah Royal Jelly Liquid, Pollenergy520 dan Bee Propolis. Royal Jelly Liquid berfungsi untuk melakukan regenerasi terhadap kerusakan sel-sel syaraf, Bee Propolis mengurangi peradangan otak dan Pollenergy520 bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan stamina penderita.

Comments

Popular Posts