Waspadai Paru-Paru mu

Selain jantung, paru-paru merupakan salah satu organ vital bagi kehidupan manusia. Paru-paru berperan penting dalam sistem pernapasan. Organ ini menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Tanpa paru-paru, kebutuhan oksigen Anda bakal terganggu. 

Tak hanya itu, masih ada lagi tugas paru-paru yang lain. Paru-paru menseleksi dan mengeluarkan partikel jahat yang masuk lewat saluran pernapasan, seperti debu atau zat kimia dari polusi. 

Sayang, seringkali kita kurang memperhatikan kesehatan paru-paru. Padahal, indikator kesehatan paru-paru terganggu cukup mudah terlihat. Misalnya, sulit bernafas ketika berjalan cepat atau sering mengalami batuk-batuk. Para perokok dan orang yang sering tidur larut malam juga tidak luput dari ancaman penurunan fungsi paru-paru.

Agar kesehatan paru-paru kita tetap terjaga, kita harus mengecek kondisi paru-paru. Hal ini supaya kita tahu apa yang terjadi dalam paru-paru. Jangan sampai tahu-tahu kita sudah terkena penyakit kronis. 

Siapkan pelindung pernapasan
Penyakit yang mengganggu kesehatan paru-paru Anda adalah penyakit yang termasuk kategori Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). Penyakit paru kronik ini ditandai oleh adanya hambatan aliran udara di saluran napas yang bersifat progresif non-reversibel atau reversibel parsial. 

Penyebab penyumbatan aliran udara pada PPOK adalah bronkitis kronik, emfisema, atau gabungan dari keduanya. Bronkitis kronik adalah kelainan saluran napas yang ditandai dengan batuk kronik berdahak minimal selama tiga bulan dalam satu tahun tanpa adanya pengaruh dari penyakit lain. 

Sedangkan emfisema adalah kelainan anatomis paru yang ditandai dengan pelebaran rongga udara distal bronkiolus terminal dan disertai kerusakan dinding alveoli. Pedoman Diagnosis dan Penatalaksanaan Asma dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menyebut, seringkali, penderita bronkitis kronik memperlihatkan tanda-tanda emfisema. 

Tak hanya itu, penyakit tuberkulosis atau TBC yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis juga jadi ancaman. Penyakit ini bersifat menular melalui percikan ludah saat penderita batuk. Ada pula pneumonia yang disebabkan terjadinya infeksi pada jaringan paru (parenkim).Umumnya, infeksi ini disebabkan oleh bakteri mycoplasma peneumoniae . 

Kanker paru-paru merupakan momok paling menakutkan bagi tubuh. Sebab, berdasarkan data medis, kanker paru-paru termasuk kanker yang menyebabkan banyak kematian di seluruh dunia, seperti halnya kanker serviks pada perempuan. 

Sudah begitu, penyakit kanker ini, saat memasuki stadium lanjutan, dapat tumbuh dan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Penyakit paru-paru merupakan ancaman serius bagi Anda yang tinggal di kota besar dengan tingkat polusi tinggi, seperti Jakarta. 

Karena itu, setiap orang perlu menyiapkan alat yang mampu melindungi sistem pernapasan, seperti masker. Bahkan, masker wajib hukumnya bagi pengendara motor serta mereka yang bekerja di bidang konstruksi, seperti tukang cat, atau buruh pabrik kimia. Nah, sudahkah Anda peduli dengan paru-paru Anda? 

Lindungi Sejak Dini dengan Produk HDI
Produk perlebahan dengan kandungan berbagai jenis nutrisi penting serta alami, membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral tanpa efek samping. Madu alami dalam HDI Clover Honey dikenal akan efek dekongestan yang membantu mengeluarkan dahak/lendir yang biasanya menyertai gangguan paru-paru. Tentu saja karena terbuat dari madu murni tanpa tambahan bahan kimia lainnya, penggunaannya aman dan tanpa efek samping negatif. 

Hindari pola hidup yang buruk seperti kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, penggunaan obat terlarang atau bahkan stres. Lakukan olahraga secara teratur dan periksakan diri ke dokter bila gejala-gejala seperti batuk berkepanjangan, sesak nafas, penurunan drastis pada berat badan mulai terjadi. 

Serta tingkatkan imunitas tubuh secara alami dengan bee propolis. HDI Bee Propolis tidak hanya melindungi tubuh dari serangan bakteri, tetapi juga melindungi tubuh dari radikal bebas di sekeliling kita. Sebab sebagaimana kita tahu bahwa udara yang kita hirup dan merupakan makanan sehari-hari paru-paru kini kian penuh dengan radikal bebas. 

Bukti bahwa HDI Bee Propolis mampu melawan radikal bebas sudah banyak sekali dirilis oleh para ahli. Sebagai gambaran, Propolis menunjukkan aktivitas antioksidan yang luar biasa besar yaitu 9,674 unit ORAC. ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) sendiri adalah nilai standar untuk mengukur kandungan antioksidan di dalam makanan dan suplemen alami. Semakin tinggi nilai ORAC, semakin besar kandungan antioksidannya. Hal ini menunjukkan bahwa 1 gram propolis memiliki kemampuan aktivitas antioksidan 400 kali lebih tinggi dibandingkan dengan 1 gram jeruk. High-Desert Bee Propolis juga diketahui memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Semakin tinggi kandungan polifenol, maka semakin tinggi daya antioksidannya. Polifenol adalah senyawa dari kelompok fitokimia penting pada tumbuhan dan mengandung antioksidan. 

Mari, nikmati hidup lebih sehat dengan nutrisi dari alam.

Comments

Popular Posts