Sayangi Gigi Anak Anda

Jumlah penderita gigi berlubang di Indonesia terus meningkat. Bahkan lebih dari 80 persen anak berusia kurang dari 12 tahun memiliki gigi berlubang. Kabar baiknya, ada banyak usaha yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sekaligus kesehatan tubuh secara keseluruhan.



1. Sikat gigi

Penelitian menunjukkan rata-rata orang menghabiskan waktu satu menit untuk menyikat gigi. Selama proses tersebut hanya 60 persen plak saja yang dibersihkan. Dengan menambah sedikit waktu menyikat gigi hasilnya akan lebih banyak lagi.

Sisihkan waktu dua menit untuk membersihkan gigi. Sikat seluruh permukaan gigi, diawali dengan bagian yang paling dekat dengan lidah karena risikonya untuk berlubang lebih besar. Pilih sikat yang halus dan pasta gigi mengandung fluoride.

2. Berkumur

Gunakan obat kumur mengandung antimikroba. Perlu diketahui bahwa gigi kita hanya menempati 20 persen dari seluruh permukaan di dalam mulut. Bakteri patogen bisa hidup di-80 persen sisanya, seperti lidah, gusi, air liur, dan jaringan lain.

Obat kumur (mouthwash) akan membunuh bakteri yang berada di area selain gigi sekaligus mencegah dan mengurangi plak di permukaan gigi yang sulit dicapai oleh sikat gigi.

3. Hindari makanan bergula yang lengket

Makanan seperti permen, snack yang bersalut gula, dan sebagainya akan menempel pada gigi. Kalau pun Anda mengonsumsinya usahakan menyikat gigi dalam waktu 20 menit setelah makan untuk mencegah pembentukan asam oleh bakteri. Kalau pun ingin mengunyah permen, pilihlah yang tanpa gula.

Konsumsi lebih banyak buah dan sayuran kaya serat. Bukan hanya bermanfaat untuk tubuh tapi juga akan merangsang aliran liur di mulut dan membantu remineralisasi gigi.


4. Jauhi rokok dan alcohol

Perokok beresiko empat kali lebih tinggi menderita penyakit gusi dibanding bukan perokok. Sementara itu konsumsi alkohol dalam jumlah tinggi akan meningkatkan resiko gigi rusak.

Sempurnakan dengan Produk Perlebahan

Bisa dipastikan bahwa tidak ada satupun orang yang ingin memiliki gigi rusak. Karena sebagaimana kita ketahui bahwa masalah gigi bisa saja merembet ke masalah kesehatan yang lebih berat. Tahukah Anda bahwa mereka yang memiliki masalah gigi dan gusi beresiko terserang penyakit jantung dua kali lebih besar?

Lubang pada gigi memungkinkan masuknya bakteri Streptococcus ke dalam peredaran darah dan masuk ke dalam jantung, menyebabkan terjadinya infeksi pada jantung. Selain itu gusi dan gigi yang tidak sehat dapat menyebabkan infeksi dalam rongga mulut, gigi tanggal, dan kesulitan untuk makan serta berbicara dengan baik. Akibatnya, masalah nutrisi dan pencernaan serta krisis percaya diri pun timbul.

Kesehatan mulut yang buruk pada manula (manusia usia lanjut) dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung, stroke,  dan pneumonia  (radang paru-paru). Memiliki gusi dan gigi yang sehat tidak hanya untuk penampilan. Hal ini juga berarti memiliki hidup yang sehat.

Gusi dan gigi yang tidak sehat dapat menyebabkan infeksi, gigi tanggal, kesulitan dalam mengunyah dan berbicara. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya masalah pencernaan dan nutrisi, hingga timbulnya rasa kurang percaya diri dan isolasi sosial. Gigi yang tidak sehat dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit serius seperti sakit jantung, stroke, paruparu dan diabetes.

Polifrez adalah pasta gigi berbentuk gel yang merupakan kombinasi manfaat dari bee propolis dan tea tree oil  untuk perawatan yang tepat bagi gigi dan gusi anda. Formulanya yang unik membantu mengatasi tartar dan plak, serta memberikan rasa segar pada nafas anda.

Membantu menghambat organisme berbahaya dan bakteri didalam mulut. Propolis telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan organisme penyebab kerusakan gigi. Propolis membantu mencegah kerusakan gigi dan dapat menghambat pembentukan plak. Propolis telah terbukti efektif untuk mengatasi gingivitis (infeksi gusi) dan plak. Propolis secara efektif membantu menghilangkan plak sehingga menjadikan gigi terlihat putih berkilau. Kandungan Bee propolis dalam polifrez terbukti mampu menghambat pertumbuhan bakteri streptococus yang menjadi penyebab utama gigi berlubang.

Sementara itu, kandungan Tea Tree Oil  didalamnya terbukti mampu mengurangi gingivitis dan jumlah plak secara berkesinambungan. Tea Tree Oil  yang memiliki aroma khas dan membantu menjaga kesegaran nafas lebih lama. Rasa dan aroma pasta gigi polifrez sangat disukai dan cocok bagi anak-anak.

Comments

Popular Posts