Perhatikan Nutrisi Anak

Anak-anak membutuhkan beragam nutrisi penting yang saling melengkapi untuk mendukung tumbuh kembang mereka. Dengan demikian, bukan hanya satu atau dua zat gizi saja yang mereka perlukan. Berikut adalah 5 jenis nutrisi yang lebih banyak dibutuhkan anak dalam masa tumbuh kembangnya. 

1. Kalsium
Kalsium akan memaksimalkan pertumbuhan tulang dan kerangka, baik di masa kanak-kanak maupun masa selanjutnya. Dalam jumlah yang cukup, kalsium dalam tubuh diperlukan untuk fungsi otot, detak jantung, dan pembekuan darah. Tubuh akan mengambil kalsium yang diperlukan dari tulang untuk menjaga kadar dalam darah. Ini sebabnya anak-anak memerlukan asupan kalsium yang cukup setiap hari.

Di usia remaja, anak perempuan membutuhkan kalsium yang cukup karena kekurangan mineral ini bisa berisiko keropos tulang di usia lanjut. Berapa kalsium yang diperlukan oleh anak? Di usia 1-3 tahun, anak-anak perlu 500 mg, dan ketika menginjak usia 4-8 tahun kebutuhannya naik menjadi sekitar 800 mg. Kebutuhan ini bisa dipenuhi dari produk susu dan sayuran.

Keuntungan lain dari asupan kalsium yang cukup pada masa anak-anak adalah rendahnya kadar lemak tubuh.
 
2. Protein
"Protein adalah bagian dari setiap jaringan dalam tubuh karenanya sangat diperlukan anak," kata Sheah Rarback, direktur nutrisi dari Mailman Center for Child Development.
Protein memang menghasilkan kalori, namun sesungguhnya yang diambil tubuh adalah asam amino yang merupakan bahan mentah untuk membangun sel-sel dan jaringan serta komponen dalam seluruh proses tubuh, termasuk enzim, dan hormon.

Protein bisa didapat dari produk hewani dan nabati. Protein hewani, terutama telur menyumbang asam amino esensial yang tidak bisa dibuat tubuh dan tidak terdapat dalam produk nabati.
 
3. Serat
Anak-anak membutuhkan serat seperti halnya orang dewasa memerlukannya. Penelitian menunjukkan mereka yang cukup mengonsumsi serat memiliki risiko terkena penyakit diabetes lebih rendah, demikian juga halnya kolesterol tinggi. Pada anak-anak serat akan mencegah konstipasi dan mencukupi kebutuhan mereka akan vitamin dan mineral.
 
4. Antioksidan
Antioksidan, termasuk vitamin C, vitamin E, beta-karoten, dan mineral selenium, dalam satu dekade terakhir mendapat banyak perhatian dari para ilmuwan terutama akan manfaatnya dalam mencegah penyakit. Pada anak-anak, antioksidan juga berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pada anak-anak, antioksidan bisa dipenuhi melalui makanan. Terutama buah-buahan dan sayuran berwarna cerah, seperti brokoli, buah ceri, bayam, tomat, dan masih banyak lagi.

5. Zat besi
Pertumbuhan anak-anak sangat dipengaruhi oleh kecukupan zat besi dalam tubuh mereka. Sel darah mereka memerlukan zat besi untuk membawa oksigen ke setiap sel dalam tubuh. Zat besi juga berperan penting dalam perkembangan dan fungsi otak.
Menurut Rarback, dampak buruk dari kekurangan zat besi pada otak anak mungkin tidak bisa diperbaiki.

Anak-anak berisiko tinggi kekurangan zat besi karena pertumbuhan mereka yang pesat sementara asupan mereka kurang. Sementara itu pada remaja putri yang mulai menstruasi juga kehilangan sel darah merah setiap bulannya. Kekurangan zat besi bisa memicu anemia.
Makanan, baik dari hewan atau tanaman mengandung zat besi. Akan tetapi zat besi yang berasal dari daging dan hewan laut lebih mudah diserap tubuh.

Sempurnakan dengan Produk Perlebahan HDI
Sempurnakan pertumbuhan anak dengan nutrisi yang paling akslusif dari lebah, pollen. Pollen adalah serbuk sari jantan pada bunga, yang merupakan makanan para lebah sebagai sumber energi pada saat mereka bekerja.
 
Pollen kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Dalam pollen terdapat karbohidrat yang merupakan sumber energi bagi tubuh. 

Ada juga protein atau asam amino yang merupakan zat pembangunan bagi pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan serta pengatur kelangsungan proses di dalam tubuh. Pollen juga mengandung enzim yang diperlukan untuk proses pencernaan makanan. Juga mengandung vitamin & mineral yang berfungsi untuk pertumbuhan, perkembangan, perbaikan, dan pemeliharaan sel tubuh, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Kini kita tinggal mengambil manfaat tersebut dalam sebuah botol. Semua kebaikan dari pollen tersebut telah dikemas dengan cara spesial ala HD sehingga muncullah HDI Honeybee PollenS.

Pollen dalam HDI Honeybee PollenS mengandung lebih dari 200 jenis nutrisi, sehingga dikenal sebagai makanan yang sempurna dari alam. Dengan kandungan nutrisinya yang lengkap seperti asam amino, karbohidrat, enzim, vitamin dan mineral, pollen dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi penting dan dapat meningkatkan fungsi metabolisme tubuh Anda. Seluruh nutrisi ini dapat dengan mudah diubah menjadi energi, sehingga dapat meningkatkan tenaga dan stamina Anda.

Bahkan, Badan Olahraga Inggris pun telah menemukan bahwa para atlet yang mengonsumsi pollen secara teratur memiliki peningkatan stamina sebanyak 40-50%. Bee pollen terbukti dapat meningkatkan kinerja otak dengan cara meningkatkan jumlah sel darah merah yang sehat sehingga dapat meningkatkan suplai oksigen ke otak. Selain itu kandungan asam glutamat yang terdapat dalam bee pollen berfungsi membawa kalium ke otak sehingga dapat meningkatkan konsentrasi.

Manfaat bee pollen untuk anak-anak adalah selain kandungan nutrisinya yang lengkap yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan tubuh anak-anak, bee pollen juga dapat membantu meningkatkan kemampuan daya pikir serta konsentrasi anak-anak pada saat belajar. Bee pollen sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga anak-anak tidak mudah jatuh sakit.

Bee pollen begitu efektif, sehingga para peneliti pun terus berusaha untuk menciptakan bee pollen dalam laboratorium selama bertahun-tahun. Tetapi mereka gagal karena kombinasi nutrisinya yang unik, yang hanya dapat ditemukan di alam. 

Jadi, untuk anak tercinta tunggu apa lagi?

Comments

Popular Posts