Thursday, 28 June 2012

Persiapan Puasa Untuk Penderita Diabetes

Bulan Ramadhan atau bulan puasa akan tiba dalam beberapa pekan. Bagi penderita diabetes yang ingin berpuasa, sebaiknya beberapa minggu sebelum mulai berpuasa sudah mulai mempersiapkan diri. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain kondisi fisik, penyesuaian terapi obat harian, dan aspek yang berkaitan dengan gizi.

Pengaturan pola makan bagi seseorang diabetesi yang berpuasa sebaiknya tetap makan dengan jumlah asupan kalori seperti biasanya dengan susunan gizi yang seimbang. Pada kondisi normal, konsumsi makanan dan minuman menjadi cadangan tenaga untuk 5-7 jam ke depan. Sementara pada kondisi berpuasa, konsumsi makanan dan minuman saat sahur digunakan sebagai cadangan tenaga untuk 14 jam ke depan.

Berkurangnya asupan makanan dan minuman di siang hari pada keadaan puasa menyebabkan jeda antar makan menjadi lebih panjang. Hal tersebut, dapat memicu kurangnya asupan gizi bila penatalaksanaannya kurang tepat. Oleh karena itu, sebaiknya diusahakan asupan makanan saat berpuasa tetap sama dengan kondisi tidak berpuasa.

Yang perlu diperhatikan oleh seseorang diabetesi saat berpuasa adalah sebaiknya 50 persen dari total kebutuhan energi dikonsumsi saat berbuka puasa, 10 persen setelah tarawih dan 40 persen saat sahur.

Gizi Seimbang pada Diabetesi
Selain makronutrien, kecukupan mikronutrien berupa vitamin dan mineral juga harus dipenuhi kecukupan asupannya. Tujuan asupan gizi yang seimbang adalah agar saat diabetesi berpuasa tubuh tetap terasa bugar dan segar dalam beraktivitas sehri-hari.

Bila dirasa asupan mikronutrien penunjang makronutrien kurang, maka diabetesi dapat mengonsumsi suplemen. Kebutuhan mikro nutrient alami dapat dipenuhi dengan mengonsumsi produk-produk HDI. Produk tersebut ada dalam satu paket komplit bernama HDI Four Star, yang terdiri dari HDI Clover Honey, HDI Pollenergy 520, HDI Bee Propolis, dan HDI Royal Jelly.

Keempatnya sangat penting karena saling melengkapi dalam pemenuhan gizi baik berupa makro nutrien maupun mikro nutrien. Produk-produk tersebut juga sangat baik untuk memperkuat tubuh karena kandungan antioksidannya yang lengkap. Selain memperkuat imunitas, produk perlebahan juga sangat baik karena mengandung berbagai nutrisi penting yang mampu memperbaiki sel-sel yang rusak.

Dengan kemampuan memperkuat daya tahan tubuh dan memperbaiki kinerja sel yang rusak, maka HDI Four Star sangat baik bagi siapapun untuk mempersiapkan diri menghadapi puasa. Termasuk penderita diabetes, karena kandungan alami dari HDI Four Star yang pada saat dikonsumsi tidak membutuhkan campur tangan insulin sehingga tetap menjaga kadar gula darah tetap stabil.

No comments: