Friday, 28 December 2012

AGAR ANAK TAHU CARA MENJAGA KESEHATAN MULUT

Anak-anak tidak selalu ingin menyikat gigi atau  flossing karena bagi mereka itu seperti menambah sebuah tugas dalam keseharian mereka. Menjaga kebersihan mulut adalah kunci untuk kesehatan seluruh tubuh mereka. Sebagai anak yang sedang mengalami masa tumbuh kembang, mereka perlu membuat kebiasaan yang meliputi perawatan rutin gigi mereka. Sebagai orangtua, mengajarkan anak Anda untuk menjaga kesehatan mulut yang baik mungkin tidak mudah, tetapi mutlak diperlukan untuk selalu hidup sehat.
Mendorong anak-anak untuk menjaga kesehatan mulut yang baik, tentu saja, tidak hanya sekedar mencerahkan senyuman mereka dan menambah kepercayaan diri mereka. Hal ini dapat membantu menciptakan kebiasaan menjaga kebersihan mulut sampai mereka dewasa. Kesehatan mulut juga membantu mendorong sistem kekebalan yang kuat.
Berikut ini lima tips yang dapat membantu orang tua mengajari anak-anak mereka tentang faktor-faktor penting untuk menghasilkan gigi dan gusi sehat.

1.     Menyikat gigi setiap hari bukanlah pilihan. Sama seperti memakai sepatu ketika hendak keluar rumah atau
mengenakan pakaian, menyikat gigi secara rutin sangat diperlukan. Ini hanyalah salah satu dari sekian
banyak kebiasaan sehat yang harus dilakukan anak-anak sejak usia dini.
2.     Ajari anak cara menyikat yang benar. Pusat Pengendalian Penyakit dan Pencegahan menyatakan bahwa anak-anak di bawah usia tujuh tahun harus menggunakan pasta gigi sebesar ukuran kacang untuk menyikat gigi mereka.
3.     Bersihkan gigi setelah makan. Biarkan anak Anda melihat Ibu dan Ayah mereka menyikat gigi juga. Anak-
anak akan meniru tindakan orang tua mereka, sehingga dengan melihat Anda menyikat gigi akan
mendorong perilaku positif mereka.
4.     Buat menyikat gigi menyenangkan. Anak-anak harus menyikat gigi mereka selama sekitar 2 menit. Anda
dapat melakukannya dengan mereka, pada saat yang sama. Hal ini memastikan bahwa anak Anda
menyikat cukup lama, dan menyeluruh. 
 
5.     Mendidik anak-anak Anda tentang mengapa kebersihan mulut yang baik sangat berharga. Anak- anak di TK sudah cukup umur untuk mempelajari alasan mengapa mereka perlu menyikat gigi, flossing dan menghindari makanan bergula.
Kesehatan mulut merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan anak Anda. Kebiasaan baik memainkan peran besar. Dorong anak-anak untuk merawat gigi mereka sama seperti mereka peduli pada setiap bagian lain dari tubuh mereka.

No comments: