Sunday, 13 November 2016

Bee Botanics™ Kisah Sebuah Merk

Bee Botanics™ adalah merek personal care yang menggunakan campuran unik dari bahan dasar perlebahan dan bahan aktif botani. Dalam merancang logo, Tim Desain ingin menciptakan logo dimana logo tersebut menggambarkan semua keunggulan tersebut. Sebuah logo yang akan mengkomunikasikan keunikan dan semua kebaikan di dalam setiap jenis produk Bee Botanics™. Pada umumnya, tim desain juga ingin menciptakan logo yang sederhana namun mempunyai karakter dan memberi kesan yang kuat. 


Bentuk segi enam dalam logo menggambarkan ingredient dari Bee Botanics™ yang berbasis lebah, sedangkan ikon daun kecil untuk mengambarkan bahan aktif botani yang memberikan manfaat ekstra untuk setiap produk Bee Botanics™. Posisi daun terinspirasi dari pohon pola hidup, metafora yang digunakan untuk menggambarkan hubungan antara organisme. Untuk ikon "B" di logo adalah untuk mewakili perpaduan antara lebah dan bahan tumbuhan. Hal ini adalah usaha yang dilakukan oleh Tim Design supaya logo Bee Botanics™ tetap memiliki hubungan yang kuat dengan HDI corporate logo. Design logo Bee Botanics™ diciptakan dengan melewati tahap yang cukup panjang.

Desain Yang Rasional
Dimulai dari analisa persepsi yaitu bagaimana logo tersebut harus mudah dimengerti oleh orang awam. Bagaimana menciptakan sebuah logo yang mudah diingat namun memiliki karakter dan kesan yang kuat. Pada akhirnya, Tim Desain menentukan logo haruslah sederhana, harus mampu menjelaskan makan secara verbal, mampu menjelaskan semua hal tentang brand itu sendiri, mudah dikenali serta mudah untuk diaplikasikan kesemua media.

Desain Yang Menginspirasi
Hal yang tidak kalah penting dalam menciptakan sebuah logo adalah mencari visualisasi dari brand. Dengan menggunakan dasar matematika untuk menggambarkan tentang tumbuhan, Tim Desain membuat struktur logo bedasarkan pola geometrikal daun yang dipadukan dengan geometrikal lebah. Yaitu penggabungan antara pola daun yang di konstruksikan menjadi pola hexagonal lebah atau yang kita sebut sebagai Metatron Cube.
Desain Bee Botanics™ merupakan kolaborasi antara Tim Desain Filipina (Brand Team) sebagai konseptor dan Tim Desain Indonesia (Marketing Communications Team) sebagai eksekutor serta Product Development Team sebagai Research and Development. Sangat menyenangkan ketika pada akhirnya, kolaborasi ini menghasilkan sebuah produk Personal Care yang memiliki identitas kuat serta memiliki peluang besar dalam kancah persaingan dengan brand-brand personal care lain dipasaran.

No comments :